Kamis, 04 Maret 2021

INTEGRASI PEMBELAJARAN SOSIAL-EMOSIONAL DALAM RPP BERDIFERENSIASI

INTEGRASI PEMBELAJARAN SOSIAL-EMOSIONAL DALAM RPP BERDIFERENSIASI Penugasan Modul 2.2.a.7 - Demonstrasi Konstektual Saya akan berbagi terkait Modul 2.2.a.7 - Demonstrasi Konstektual, terkait Pembelajaran Sosial-Emosial, dalam hal ini penulis akan berbagi tentang Integrasi Pembelajaran Sosial-Emosional dalam RPP Berdiferensiasi. Tugas : Menyusun teknik-teknik yang akan digunakan untuk mengembangkan kompetensi sosial-emosional berbasis kesadaran penuh pada mata pelajaran yang diampu. Langkah-langkah kegiatan : 1. Tentukan kompetensi sosial - emosional berbasis kesadaran penuh yang akan dikembangkan dalam mata pelajaran yang diampu 2. Tentukan tekhnik pembelajaran yang dapat mengembangkan kompetensi sosial- emosional yang dipilih pada no 1 dan sesuai dengan tujuan pembelajaran mata pelajaran yang diampu. 3. Tuliskan detil dari teknik pembelajaran yang dipilih sesuai dengan tabel pemetaan dalam Ruang Kolaborasi. Sertakan lampiran/tautan yang diperlukan (topik diskusi, artikel, skenario, kasus, dll.) 4. Siapkan perangkat untuk mendokumentasikan kinerja murid pada saat teknik pembelajaran dilakukan. (Lembar refleksi diri, lembar observasi, daftar- periksa, dll) 5. Masukkan teknik pembelajaran tersebut dalam RPP mata pelajaran yang Anda ampu Kompetensi Sosial-Emosional : Kesadaran Diri Tekhnik Pembelajaran : Kegiatan Role Play Komunikasi Aktif Detail tekhnik Pembelajaran : A. Penjelasan apa yang dilakukan guru : 1. Guru meminta murid untuk mencari seorang teman 2. Guru meminta murid untuk mengamati binatang peliharaan yang ada di rumahnya, atau di rumah keluarga/kerabatnya. 3. Selanjutnya meminta murid memfoto binatang tersebut. 4. Lalu meminta murid mencatat ciri-ciri dari binatang tersebut. 5. Kemudian meminta murid untuk merangkaikan kata-kata tentang binatang tersebut dalam bentuk paragraf berbahasa Inggris. 6. Lalu guru meminta salah satu murid untuk bercerita tentang binatang yang diamati, sementara yang lain mendengarkan dengan seksama, dan jika ada yang kuran jelas agar ditanyakan. Setelah itu murid yang satunya bercerita, yang lainnya mendengarkan. B. Penjelasan apa yang dikatakan kepada murid : 1. Anak-anak, coba amati binatang peliharaan, ingat binatang peliharaan yang ada di rumah kalian, atau dirumah saudara/kerabat kalian. 2. Lalu dokumentasikan/foto binatang tersebut. 3. Selanjutnya dengan catatlah ciri-ciri bnatang tesebut. 4. Kemudian berbantuan kamus buatlah rangkaian kata yang menceritakan binatang tersebut dalam bentuk peragram berbahasa Inggris. 5. Setelah selesai, ceritakan dengan teman kalian apa yang kalian tulis, sedangkan teman yang lainnya simak dengan seksama paparan teman yang tadi, jika ada yang kurang jelas, silakan tanyakan. 6. Lakukan ini secara bergiliran. C. Penjelasan tentang tujuan. Tujuan dari Kegiatan Role Play Komunikasi Aktif adalah untuk menumbuhkembangkan keberanian diri murid bercerita dengan penuh kesadaran diri. Silakan cermati RPP-nya : Nah, demikianlah paparan terkait penugasan dari Modul 2.2.a.7 terkait Demonstrasi Kontekstual, tentang Pembelajaran Sosial-Emosional. Mohon kritik dan sarannya yang membangun. Terimakasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar